Saturday, September 2, 2017

Cara Mengolah Sate Supaya Tidak Keras


Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat sore menjelang malam Sobatt, semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan buat kita yang merayakan hari raya Idul Adha, gimana tidak?? Hari raya Idul Adha Identik dengan daging, betul tidak? Betuull:v dimana banyak orang yang berkurban baik itu kambing maupun sapi, oleh karena itu biasanya kita akan mendapatkan kupon kurban, dan kupon ini bisa ditukarkan dengan  satu plastik daging kurban. Apakah malam ini ada yang mau bakar sate?? Kalo ada,disini saya akan membagikan sedikit tips/cara supaya daging sapi atau kambing hasil kurban yang mau dijadikan sate itu empuk dan tidak keras saat dimakan. Sebelum meraciknya, perhatikan hal berikut ini agar sate tidak keras saat dimakan. Berikut tips-tipsnya:

1. Jenis daging

Agar daging sate empuk, gunakan bagian has dalam atau has luar. Namun jika memakai bagian lain, bisa memakai daun pepaya sebagai pembungkus agar empuk.

2. Memotong daging

Bersihkan lemak dan urat yang liat pada permukaan daging sapi. Kemudian potong daging melintang serat dengan tebal sekitar 1/2 cm. Sebaiknya jangan potong daging terlalu besar dan tebal. Ini supaya daging lebih cepat empuk dan mudah dikunyah. 

3. Menusuk sate

Baluri daging dengan sedikit jeruk nipis supaya daging lebih empuk dan beraroma. Tusuk daging sapi melintang serat. Dalam satu tusuk sate, daging bisa diselingi lemak agar rasanya lebih gurih.

4. Membumbui sate

Disamping membakar langsung, sate bisa direndam bumbu terlebih dahulu. Misalnya campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam dan sedikit gula merah. Bisa juga campuran kacang giling, kecap dan air kaldu. 

Rendam potongan daging dalam bumbu selama 1-2 jam sampai meresap, lalu bakar sate. Jika ingin cepat, celup bumbu lalu bakar sate sampai setengah matang. Kemudian celup lagi dalam bumbu, baru sate dibakar sampai matang sempurna.


5. Membakar sate

Untuk membakar sate bisa memakai bara api dari arang batok kelapa, panggangan listrik atau gas dalam wajan datar. Supaya daging tidak lengket ke pemanggang, olesi sedikit minyak. 

Proses pembakaran memerlukan waktu 3-5 menit, tergantung besar potongan daging dan jumlah sate yang dibakar. Balik-balik sate sesekali supaya matangnya merata.

Itu dia tips-tips yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat buat sobat-sobat yang ingin membakar sate.
#SalamGantengDoangCaaw

No comments:

Post a Comment

Cara Mengolah Sate Supaya Tidak Keras

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat sore menjelang malam Sobatt, semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Hari ini adalah hari yang...